Cara Menjinakkan Sugar Glider

0
1260
Cara Menjinakkan Sugar Glider

Menjinakkan Sugar Glider itu gampang-gampang susah. Hal ini tergantung karakter masing-masing Sugar Glider itu sendiri, ada yang gampang dekat dengan manusia, ada yang takut dengan manusia.

Saya mempunyai 3 ekor Sugar Glider, dua jantan dan dua betina. Ketiganya mempunyai sifat yang berbeda, sehingga masing-masing mempunyai cara berbeda dalam menjinakkannya.

  1. Tugiyo

Tugiyo adalah nama yang saya berikan kepada Sugar Glider jantan saya. Panggilannya adalah Gio. Saya memelihara Gio semenjak usia 7 minggu. Gio paling jinak diantara ketiganya, sehingga proses bonding (menganggap kita sebagai teman) sangat cepat. Pertama kali saya bawa ke rumah, Gio sangat berisik mengeluarkan suara crabbing karena ketakutan. Seharian saya peluk supaya dia merasa nyaman.

Cara Menjinakkan Sugar Glider 3
Gio, Sugar Glider Jantan. Sehari setelah saya bawa ke rumah, langsung jinak.

Hari berikutnya, dia sudah mengenali saya dan tidak merasa ketakutan jika saya pegang. Sampai sekarang, Gio lah yang paling dekat dengan saya. Bahkan, dia pun tidak takut jika ada tamu yang datang ke rumah saya.

2. Tugiyem

Tugiyo adalah nama yang saya berikan kepada Sugar Glider paling cantik karena satu-satunya betina. Nama panggilannya adalah Gie. Dia saya bawa ke rumah bersama Gio.

Gie ini sifatnya labil. Sehari setelah saya bawa ke rumah, dia sudah menjadi jinak. Proses bonding dia pun lumayan cepat. Dia sudah berani bergelayut di tangan dan tubuh saya tanpa rasa takut.

Cara Menjinakkan Sugar Glider 1
Gie, anakan Sugar Glider betina. Lihat saja kantung di perutnya.

Namun beberapa hari setelahnya, dia kembali kagetan. Ketika saya gendong, dia merasa nyaman saja. Namun ketika saya melakukan gerakan, dia merasa terancam dan mengeluarkan suara crabbing-nya. Besoknya lagi saya kembali rukun dengan dia.

3. Tugino

Tugino adalah nama yang saya berikan kepada Sugar Glider jantan yang sebenarnya akan saya berikan ke kakak saya. Panggilannya adalah Gino. Karena kakak saya berubah pikiran tidak punya waktu untuk merawat Sugar Glider, akhirnya Gino pun saya pelihara.

Baca juga  11 Peralatan yang Harus Disiapkan Sebelum Memelihara Kucing
Cara Menjinakkan Sugar Glider 2
Tampang ketakutan Gino tiap kali saya dekatkan tangan saya.

Gino ini paling penakut di antara ketiganya. Susah sekali menjinakkan Gino. Beberapa cara yang dianjurkan netizen sudah saya coba, seperti:

  • Menggenggam Sugar Glider. Eh, malah dia crabbing sepanjang hari dan tangan saya digigit terus
  • Memberi kaos yang habis dipakai. Dia malah tidur di mangkuk makanan.
  • Membeli Sugar Glider saat masih anakan (joey, sebutan untuk Sugar Glider yang masih anak-anak). FYI, Gio, Gie, dan Gino saya adopsi saat mereka masih berusia 7 minggu.
  • dan cara lain supaya Sugar Glider tidak takut dengan manusia, yang sampai bikin saya hampir menyerah.

Karena kesal, saya pisahkan kandang si Gino dengan Gie dan Gio. Saya ingin memberi pelajaran kepada dia. Saya memberi hukuman dengan tidak memberi makan selama dua hari.

Setelah dia merasa kelaparan, saya taruh makanan di ujung jari saya. Saya ingin memberi sinyal ke Gino bahwa jika dia tidak makan dari tangan saya, maka dia tidak pernah mendapat makanan. Sama sekali.

Beberapa kali saya coba. Gino selalu takut dan menjerit ketika saya sodorkan tangan saya. Saya lakukan hal tersebut terus menerus sampai dia yang menyerah.

Perlahan dia mulai mau makan dari tangan saya. Dia mulai memegang tangan saya kemudian menjilat tangan saya.

Jadi, tips paling bagus menjinakkan Sugar Glider adalah dengan memberikan makanan langsung dari tangan kita. Jika dia tidak mau, biarkan saja. Jangan sampai merasa kasihan. Biarkan dia kelaparan. Jangan biarkan kita yang menyerah. Biarkan dia yang menyerah. Jika dia menggigit, hadapi saja. Toh gigitan Sugar Glider rasanya seperti ditusuk jarum, tidak sakit sama sekali.

Satu hal lagi. Karena sifat masing-masing sugar glider berbeda satu dengan yang lainnya, pastikan kamu datang langsung ke penjual/breeder. Dekatkan tanganmu ke Sugar Glider tersebut. Jika dia santai saja, ambil segera karena kemungkinan besar akan sangat mudah menjinakkannya/gampang proses bonding-nya. Jika Sugar Glider tersebut susah sekali dijinakkan, tinggalkan segera. Kecuali jika kamu menyukai tantangan menjinakkan binatang. Maka pilihlah dia.

Baca juga  11 Peralatan yang Harus Disiapkan Sebelum Memelihara Kucing

Ingin melihat perkembangan Gie, Gio, dan Gino? Ikuti saja akun Instagram mereka di sini. *klik*

LEAVE A REPLY