Review Tanaman: Anggrek Cattleya Blc. Ports of Paradise

0
82
Anggrek Cattleya Port of Paradise

Sewaktu mengantar teman saya mencari anggrek di suatu nursery, saya iseng bertanya ke penjual anggreknya:

“Punya anggrek yang siap berbunga dan berbunga wangi?”

“Ada nih, Cattleya Blc. Port of Paradise.”

“Berapa harganya?”

“160 ribu”

Hmmm…. mahal juga ya. Sedangkan anggrek jenis Phalaeonopsis dan Dendrobium saja harganya bisa 2-5x lebih murah. Memang, rata-rata jenis Cattleya harganya relatif lebih mahal. Maklum sih, ratunya para anggrek. Ahirnya tetap saya ambil. Satu. Sedangkan teman saya? Duit 150ribu dapat memborong beberapa tanaman anggrek! hehehe…

Ukuran. Ukuran bunganya sangat besar seperti jenis Brassolaeliocattleya (blc) pada umumnya. Tidak heran anggrek cattleya mendapat julukan ratu anggrek. Ukuran daun besar dan kokoh. Melihat anggrek cattleya ini sangat menyenangkan karena ukuran daun dan bunga tampak seimbang dan cantik.

Warna. Ini selera saja. Buat saya, sebenarnya warna bunga anggrek Cattleya Ports of Paradise ini kurang menarik. Warnanya hijau muda stabilo/hijau jeruk nipis/lime. Warna bunganya hampir nge-blend dengan daunnya, sehingga kurang kontras mencolok id mata. Bagi yang suka warna yang kalem, mungkin bunga ini dapat menjadi pilihan. Warnanya tidak norak.

Wangi. Saya tidak menyangka aroma anggrek ini sangat wangi semerbak. Aromanya mirip jeruk nipis/citrus/lemon. Ketika siang, aromanya hanya terasa jika dihirup. Saat malam tiba, dari jarak beberapa meter saja sudah tercium aroma jeruk dari Ports of Paradise ini. Wow.

Perawatan. Perawatan Cattleya Ports of Paradise ini relatif mudah. Seketika tiba di rumah saya, tanaman yang sudah ada kuncup bunganya tidak ada tanda-tanda stres. Tanaman masih tampak segar dalam beberapa hari. FYI, saya menaruhnya di bawah naungan. Hanya kena matahari sedikit tanpa saya kasih vitamin, hormon, maupun pupuk. Padahal, beberapa tanaman saya yang lain seringkali mengalami stres ketika tiba datang di rumah untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru.

Baca juga  Review Tanaman: Anggrek Phalaenopsis Bellina

Media Tanam. Tanaman saya masih bawaan dari penjual, sehingga media tanamnya pun masih belum saya ganti. Media tanam tersebut adalah . Media tanam anggrek Cattleya Blc. Ports of Paradise sepertinya hampir sama prinsipnya dengan media tanam anggrek pada umumnya: dapat menyimpan air.

Sekian review Cattleya Blc. Ports of Paradise. Jika kamu suka warna hijau, suka warna kalem, dan suka sesuatu yang beraroma wangi, tanaman ini sangat cocok buat kamu.

LEAVE A REPLY