Review Tanaman: Anggrek Cattleya Blc. Tainan Gold

0
44
Anggrek Cattleya Blc. Tainan Gold

Ini adalah pertama kalinya saya menanam anggrek jenis Cattleya. Mengapa selama ini kurang tertarik? Pertama karena pernah memelihara anggrek dan gagal. Kedua, harga cattleya relatif mahal dibanding jenis anggrek lain. ketiga, bunganya kurang rame. hanya satu bunga saja per pohon, beda dengan dendrobium atau phalaenopsis yang bunganya demen keroyokan. Tapi karena suka iseng dan suka mencoba hal yang baru, saya akhirnya pinang anggrek cattleya pertama saya ini: Cattleya BLC. Tainan Gold.

Ukuran. Ukuran bunganya sangat besar seperti jenis Brassolaeliocattleya (blc) pada umumnya. Tidak heran anggrek cattleya mendapat julukan ratu anggrek. Ukuran daun besar dan kokoh. Melihat anggrek cattleya ini sangat menyenangkan karena ukuran daun dan bunga tampak seimbang dan cantik.

Warna. Inilah yang membuat saya tertarik dengan Cattleya BLC. Tainan Gold. Warnanya sangat cantik. Warna bunganya kuning dengan ujung semburat merah. Lidahnya merah menyala. Amat sangat cantik. Oh ya, foto di atas adalah bunga yang sudah lama berkembang. Jadi sudah berkurang kecantikannya karena beberapa bagian mulai agak layu.

Wangi. Cattleya BLC. Tainan Gold mempunyai aroma harum yang mild. Aromanya mirip bunga kamboja/frangipani/plumeria tapi lebih ringan, hanya terasa jika dihirup. Beda dengan aroma Cattleya Blc. Ports of Paradise yang sangat semerbak.

Perawatan. Perawatan Cattleya BLC. Tainan Gold ini relatif mudah. Seketika tiba di rumah saya, tanaman yang sudah ada kuncup bunganya tidak ada tanda-tanda stres. Tanaman masih tampak segar dalam beberapa hari. FYI, saya menaruhnya di bawah naungan. Hanya kena matahari sedikit tanpa saya kasih vitamin, hormon, maupun pupuk. Padahal, beberapa tanaman saya yang lain seringkali mengalami stres ketika tiba datang di rumah untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru. Saya juga sudah memutilasi anakan anggrek ini dan menaruhnya di tempat yang mendapat banyak sinar matahari. Sudah hampir sebulan, tanaman tersebut tidak ada tanda-tanda menguning dan sekarat. Jadi saya asumsikan masih hidup hehehe. Nantikan review selanjutnya kalau anakan anggreksudah berhasil melewati masa akhil balik.

Baca juga  Menanam Sansevieria di Dalam Rumah

Media Tanam. Tanaman saya masih bawaan dari penjual, sehingga media tanamnya pun masih belum saya ganti. Media tanam tersebut adalah akar pakis. Media tanam anggrek Cattleya Blc. Tainan Gold sepertinya hampir sama prinsipnya dengan media tanam anggrek pada umumnya: dapat menyimpan air.

Sekian review Cattleya Blc. Tainan Gold. Jika kamu mencari anggrek yang berbau wangi lembut, warna yang cantik, mudah perawatan, tanaman ini sangat cocok buat kamu.

LEAVE A REPLY