Review Tanaman: Daylily Kuning

0
26
Daylily

Bukan mudah rapuh, tapi saya lebih menyebutnya tanaman rapuh tapi mudah. Itulah Daylily. Daun dan bunga lumayan rapuh, namun perawatannya lumayan mudah. Tanaman ini sebenarnya memiliki beragam jenis dan warna. Kali ini, Daylily yang kita bahas adalah yang warna bunganya kuning. Lumayan mainstream dan mudah didapat. Seperti namanya, usia bunga Daylily sangat singkat tidak sampai sehari. Bahkan hanya semalam mekar, besoknya bunganya sudah lemes.

Nama Latin. Hemerocallis Lilioasphodelus

Ukuran. Ukuran tanaman Daylily lumayan mungil dengan bunga terompet kuning yang mungil. Bunganya lumayan rame. Satu batang bunga dihuni beberapa kuntum bunga yang bergiliran antri menunggu berbunga. Karena mungilnya inilah, bunga dan daunnya mudah rusak. kesenggol sedikit langsung terluka hehehe

Warna. Warna bunga Daylily sangat cantik. Kuning menyala. Kalau malam tampak begitu outstanding di antara tanaman lain.

Wangi. Sebenarnya aroma bunga Daylily kuning ini harum. Namun kurang semerbak. Wanginya hanya tercium jika dihirup. Wangi khas bunga terompet.

Perawatan. Perawatan tanaman ini relatif mudah. Seketika tiba di rumah saya, tanaman yang saya beli secara online dan sudah ada kuncup bunganya, tidak ada tanda-tanda stres. Tanaman masih tampak segar dalam beberapa hari. Padahal seketika datang, langsung saya tanam di halaman dan terpapar sinar matahari lho. FYI, seringkali tanaman mengalami stres ketika tiba datang di rumah untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru. Namun seperti yang saya bilang sebelumnya, mengharapkan tanaman ini tampil cantik sempurna agaknya susah. Beberapa bagian daun tanaman saya rusak karena lumayan rapuh. Bisa jadi karena kena hujan, kesenggol saya, atau kesenggol binatang.

Media Tanam. Media tanam yang saya pakai adalah campuran pupuk kandang, humus, kompos, dan sekam bakar. Entah media ini cocok atau tidak untuk Daylily, yang jelas sudah beberapa minggu tanaman saya masih segar bugar (namun banyak cacat karena rapuh hehehe).

Baca juga  6 Kesalahan Fatal dalam Menanam Tanaman Hias

Sekian review Dailily Kuning. Jika kamu mencari tanaman mungil dengan bunga yang rame dan mencolok, tanaman ini cocok buat kamu. Namun jangan bermimpi menjadikannya sebagai bunga potong ya, mengingat usia bunganya yang sangat pendek.

LEAVE A REPLY