Review Tanaman: Anggrek Phalaenopsis Bellina

0
175

Anggrek bulan atau Phalaenopsis yang akan kita bahas kali ini adalah Phalaenopsis Bellina. Berasal dari hutan Indonesia. Sebagai informasi, anggrek jenis ini harganya relatif lebih mahal dibanding anggrek bulan pada umumnya. Biasanya hanya dimiliki oleh kolektor. Mengapa? Karena penampilannya yang kurang meriah. Lebih cenderung ke mungil imut-imut

Ukuran. Tak seperti anggrek lain yang memiliki daun mungil, namun berbunga lebat, Phalaenopsis Bellina memiliki daun yang sangat lebar dengan ukuran bunga yang sangat mungil. Berbanding terbalik bukan? Anggrek bulan jenis lain seringkali berbunga bareng rame-rame. Beda dengan spesies anggrek ini, bunganya muncul satu per satu silih berganti. Maka tak heran bunga ini disebut juga anggrek kelip karena hanya satu berbentuk bintang, mungil, imut, dan berwarna cerah.

Warna. Warna bunga Phalaenopsis Bellina sangat cantik dalam kesederhanaan. Hanya gradasi ungu, putih, dan hijau. Sangat tidak meriah dan norak seperti bunga lain.

Wangi. Inilah alasan utama saya mengadopsi Phalaenopsis Bellina: aroma bunganya yang terkenal harum. Namun hanya terasa jika dicium. Saya belum bisa mencium aromanya dari kejauhan.

Perawatan. Perawatan Phalaenopsis Bellina relatif mudah. Anggrek ini saya beli secara online dan sudah muncul kuncup/knop/spike bunga. Seketika tiba di rumah saya, hanya ada sedikit tanda-tanda stres. Salah satu dari tiga daun lebarnya menguning. Dua daun lainnya masih segar. Akar dan calon kembang masih oke saat itu. Bahkan dalam beberapa minggu sudah bermunculan akar-akar baru. FYI, seringkali tanaman mengalami stres ketika tiba datang di rumah untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru.

Media Tanam. Media tanam yang digunakan masih bawaan dari penjual, yaitu Sphagnum Moss yang ditempel di papan pakis. Media jenis ini lumayan mempercantik penampilan sih menurut saya.

Baca juga  Menanam Sansevieria di Dalam Rumah

Sekian review Phalaenopsis Bellina. Jika kamu mencari tanaman anggrek spesies yang antimainstream, asli Indonesia, dan wangi, tanaman ini cocok buat kamu.

LEAVE A REPLY