Review Tanaman: Sweet Almond Bush (Aloysia Virgata)

0
112
Aloysia Virgata Sweet Almond Bush

Aloysia Virgata atau Sweet Almond Bush adalah salah satu tanaman yang ‘kurang sedap’ dipandang mata di taman saya. Batang cabangnya mletat mletot nggak jelas, bunganya seperti semak liar, daunnya pun demikian. Mirip tanaman gulma yang jadi musuh para gardener dan petani. Saya mendapatkan tanaman ini dari penjual tanaman hias yang mengonggokkan tanaman ini di belakang rumahnya tanpa ditanam di tanah/pot. Sungguh terlunta-lunta.

Akhirnya saya adopt tanaman yang tingginya hampir 1,5 meter tersebut dengan harga 35ribu perak saja. Mau tahu alasannya mengapa saya ambil tanaman hias yang tak begitu menghias ini?

Ukuran. Ukuran tanaman Aloysia Virgata ini tinggi dan langsing. Rantingnya pun demikian, panjang dan langsing. Cungkring dan tersepelekan. Ukuran bunga sepanjang telapak tangan dan bergerombol. 

Warna. Warna bunga putih. Foto di atas tampak cantik ya? Yoi. Hanya cantik di foto, aslinya…

Wangi. Nah ini dia alasan utama saya mengadopsi Sweet Almond Bush a.k.a Aloysia Virgata a.k.a Sweet Almond Verbena: aroma bunga. Hanya beberapa bunga saja yang muncul, memberikan aroma semerbak yang bahkan tercium dari kejauhan! Keharumannya pun unik tak seperti wangi bunga pada umumnya, wangi manis madu ada aroma almond nya gitu. Wangi bunga ini memberi kontribusi tersendiri di taman saya.

Perawatan. Di awal saya sudah bercerita kan betapa tanaman ini hanya teronggok begitu saja di penjual tanaman hias tanpa di tanam di tanah atau pot? Walaupun tanaman sudah dalam kondisi berdaun dan berakar sih. Itu sudah menggambarkan betapa mudahnya merawat tanaman ini. Beberapa minggu setelah saya tanam, tumbuhan ini sudah memberikan empunya serumpun bunga berwarna putih dan beraroma semerbak!

Baca juga  Review Tanaman: Daylily Kuning

Media Tanam. Aloysia Virgata benar-benar tanpa kebutuhan media khusus. Saya menanam di tanah biasa, tidak pernah memberikan pupuk, dan tanaman saat ini dalam keadaan subur berbunga banyak.

So, Aloysia Virgata atau Sweet Almond Bush ini cocok untuk kamu penggemar tanaman aromatik. Ketika bunga lain memberikan aroma bunga yang cenderung monoton, bunga tanaman hias ini menyumbang wangi tersendiri yang berbeda dari tanaman lainnya. Perpaduan berbagai macam aroma bunga tentu saja membuat taman kamu jadi toko parfum alami.

LEAVE A REPLY