5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah

1
1418
Persiapan Membeli Rumah

Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membeli rumah. Biaya-biaya tak terduga sering timbul dengan jumlah yang biasanya sangat menguras uang tabungan kita. Padahal biaya ‘terduga’ yang kita persiapkan untuk membeli rumah jumlahnya sudah sangat besar. Akhirnya, kita tidak hanya frustasi saat mencari rumah dan proses akad KPR dengan bank+notaris, juga frustasi setelah akad rumah terjadi karena saldo tabungan terkuras hingga mendekati nol!

Sebelum memutuskan membeli rumah, pertimbangkan beberapa hal sebagai berikut agar tidak kelabakan nanti setelah kredit rumah bank disetujui oleh bank.

1. Buatlah Kartu Kredit

Buat kartu kredit jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Mengapa? Di saat inilah kondisi keuangan stabil dan track record keuangan kita masih baik, sehingga pengajuan kartu kredit lebih mudah disetujui oleh bank. Ketika sudah berhasil mendapatkan kartu kredit, jangan gunakan kartu kredit sepeserpun. Ingat kartu kredit ini akan digunakan setelah proses KPR selesai!

Apa sih pentingnya kartu kredit? Setelah rumah berhasil didapatkan, pengeluaran tak terduga biasanya membengkak sampai-sampai kita tak sanggup membeli apapun. Uang di tabungan yang rencana awal akan digunakan untuk membeli perabotan rumah, biasanya ludes untuk membayar biaya ini itu terkait dengan pembelian rumah.

Di sinilah pentingnya peran kartu kredit. Kita bisa mengisi perabotan dengan menggunakan angsuran melalui kartu kredit. Hal ini sangat meringankan beban kita mengingat kebutuhan perabot rumah sangat mendesak, sedangkan saldo tabungan tidak mencukupi untuk membeli barang-barang tersebut.

Bayangkan jika kamu mengajukan kartu kredit setelah membeli rumah. Kemungkinan kecil pengajuan kartu kredit akan disetujui oleh bank karena saldo tabungan yang tipis dan ada histori pinjaman KPR yang dapat terlacak melalui BI checking.

Baca juga  10 Hal tentang Snapchat yang Perlu Kamu Tahu

2. Persiapkan biaya KPR sejumlah minimal 30 juta rupiah.

Sebagai pengalaman saja, teman saya membeli rumah seharga Rp400 juta. Biaya pengurusan KPR bisa mencapai Rp30juta. Contoh lain adalah rumah seharga Rp550juta, biaya pengurusan KPR sebesar Rp50juta. Perkirakan sendiri biaya pengurusan KPR dengan membandingkan biaya tersebut dengan harga rumahmu. Angka ini adalah hitungan kasar karena masing-masing bank berbeda kebijakan dalam biaya KPR-nya, terdapat variabel umur dalam menghitung biaya asuransi, terdapat perbedaan biaya pajak yang harus kita bayar karena berbeda NJOP, dan lain sebagainya.

3. Siapkan Uang Muka Pembelian/DP sebesar 20-30% dari harga rumah

Kebanyakan bank mensyaratkan uang muka 20-30%. Hal ini karena ketentuan bahwa ada bagian pembiayaan rumah yang ditanggung oleh pembeli. Uang muka ini sangat besar sehingga harus jauh-jauh hari dipersiapkannya. Pertanyaannya adalah, apakah tabungan yang ‘hanya’ untuk membayar uang muka ini bisa mengikuti kenaikan harga rumah? Berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman beberapa teman, jawabannya adalah TIDAK.

Jangan sampai uang muka ini didapat melalui bank karena akan ketahuan melalui BI checking. Jika kamu mempunyai utang di bank hanya untuk membayar DP rumah, biasanya plafon pembiayaan rumah yang dapat diberikan bank pun juga kecil karena sebagian gaji sudah dimanfaatkan untuk cicilan ke bank yang lain.

Cara yang biasa digunakan untuk mengumpulkan uang muka adalah dengan menggunakan uang pribadi, misalnya menjual barang-barang pribadi, menaikkan saldo tabungan, dan lain sebagainya. Juga bisa berhutang ke berbagai sumber lain selain bank, misalnya utang ke keluarga, teman, kantor, dan lain sebagainya.

Yang jelas, kemungkinannya sangat kecil kita membayar uang muka rumah dengan hanya mengandalkan tabungan. Pengalaman sering menyebutkan bahwa pertambahan saldo tabungan ini sangat lambat karena banyak pengeluaran tak terduga baik disengaja maupun tidak disengaja. Sedangkan kenaikan harga rumah melesat cepat tak sebanding dengan kenaikan saldo tabungan.

Baca juga  5 Kesalahan Fatal dalam Menanam Tanaman Hias

4. Desain Interior Rumah

Beberapa developer memperbolehkan pembeli mengubah desain interior rumah dan tidak mengizinkan untuk mengubah desain eksterior rumah. Jika rumah belum dibangun dan masih dalam bentuk kavling tanah, inilah kesempatan emas kita untuk mengubah desain interior sesuai dengan keinginan kita. Jangan sampai setelah rumah jadi, kita harus membongkar lagi isi rumah karena tidak sesuai dengan keinginan, sehingga tambahan biaya yg diperlukan juga lebih besar.

Beberapa hal yang bisa kita ubah sesuai keinginan kita:

  • Jenis dan warna ubin
  • Cat tembok
  • Ukuran ruangan
  • Jenis pintu
  • Desain kamar mandi dan toilet
  • Dak toren
  • dan lain sebagainya

Tanyakan ke developer berapa biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk desain tambahan ini sehingga kita bisa mempersiapkan dari awal sebelum rumah dibangun.

5. Penambahan Lantai

Jika kita membeli rumah satu lantai dan menginginkan tambahan lantai di masa mendatang, maka konstruksi rumah harus disertai dengan konstruksi cakar ayam. Konstruksi ini tentu saja lebih mudah dibangun dari awal jika dibandingkan dengan dibangun setelah rumah jadi. Persiapkan juga dana untuk tambahan konstruksi cakar ayam ini.

Kesimpulan:

Selain menyiapkan dana untuk uang muka rumah dan biaya KPR, siapkan juga kartu kredit dan uang untuk biaya-biaya tambahan tak terduga lainnya dalam proses pembelian rumah. Perhitungan kasarnya, siapkan dana tambahan minimal sebesar 50% dari harga rumah agar tidak kaget dan terlunta-lunta setelah berhasil mendapatkan rumah idaman. Dana tambahan minimal 50% dari harga rumah ini termasuk biaya untuk membayar uang muka rumah, biaya KPR+notaris, biaya untuk membeli perabot rumah, penggantian bahan bangunan untuk interior, penambahan konstruksi cakar ayam, pembuatan dak toren, dan lain sebagainya.

1 COMMENT

  1. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman untuk membeli rumah? Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan kredit korporasi dan segala jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (CindyMoore8182@gmail.com)

LEAVE A REPLY