10 Hal tentang Snapchat yang Perlu Kamu Tahu

0
6869

Snapchat mungkin belum begitu populer di Indonesia. Padahal, sosial media yang satu ini sudah sejak lama populer di Amrik! Hampir semua artis terkenal menggunakan aplikasi yang dikembangkan sejak September 2011 ini lho. Mengapa ya di Indonesia gaung Snapchat begitu hening?

Apa sih Snapchat itu? Cara menggunakan Snapchat bagaimana? Biar akun Snapchat guehehehe tampak lebih superior dibanding akun Snapchat user lain bagaimana?
Tampilan Snapchat sangat simpel. Justru saking sederhananya, saya pun agak bingung cara memakainya, pada awalnya. Setelah follow beberapa artis, saya mulai terinspirasi video-video yang dibuat mereka. Ternyata seru lho. Kita bahas yuk mengapa Snapchat menarik dan mengapa Snapchat kurang menarik.

1. Snapchat bukan ajang pamer jumlah follower, jumlah like, dan angka statistik lainnya.

Tidak ada istilah ‘follower’, adanya ‘friend’. Di profil user pun tidak menampilkan jumlah follower. Ini mungkin yang membuat Snapchat tidak populer di Indonesia. Tidak bisa untuk pamer. Mungkin.

Driver yang membuat sosmed lain seperti Twitter dan Instagram menjadi meriah di Indonesia adalah para selebtwit dan selebgram. Mereka berusaha keras membuat twit/foto yang menarik supaya follower-nya banyak. Nah, karena Snapchat tidak bisa buat pamer jumlah follower, mungkin para selebtwit/selebgram tidak tertarik menggunakan Snapchat. Ada juga lho orang yang tertarik pada suatu sosial media karena ‘menguntungkan secara finansial’, ‘bisa untuk jualan’, dan alasan komersial lain.

Karena tidak ada driver yg bisa bikin meriah, dan juga tidak ada interaksi dua arah maupun banyak arah, Snapchat pun tidak punya semacam ‘Selebsnap’ yang haus akan jumlah follower seperti sosmed lain. Dampaknya, Snapchat kurang begitu ramai di Indonesia. Mungkin jika bisa menampilkan jumlah friend/views saja pasti ramai tuh di Indonesia. Mungkin lho ya. *Karena menggunakan kata ‘mungkin’ adalah cara aman menghindari perdebatan*

Di Snapchat, kita hanya bisa melihat jumlah views yg melihat video/foto kita, dan tidak bisa melihat views video/foto orang lain. Beda dengan sosmed lain di mana orang lain bisa melihat jumlah like, retweet, views, dan sebagainya. Trus, apa untungnya buat guehehehe kalau tidak ada yang bisa dipamerin? Nggak bisa buat pamer jumlah follower, jumlah likes, jumlah views, trus buat apa join Snapchat?

Baca juga  "Buruan Pesan Unit Rumah, Senin Harga Sudah Naik" adalah bukan Hoax!

2. Bukan untuk stalker

Di Snapchat, kelihatan lho siapa saja yang melihat video/foto kita. Untuk melihat video orang lain, kita harus add orang tersebut sebagai friend kita. Kita tidak bisa melihat snap (untuk selanjutnya kita menyebut video/foto di Snapchat dengan sebutan ‘snap’ saja ya) orang tersebut jika belum menambahkannya ke dalam daftar friend kita. Kalau begini, bagaimana kita mau stalking orang lain? Gagal deh jadi secret admirer. Nah lho, syukurin gak bisa stalking. Bweeek… 😛

3. Banyak filter lucu

Saya pertama kali mencoba Snapchat setelah terinspirasi video model papan atas Cara Delevigne. Saat itu, dia mengunggah video mukanya yg menjadi kucing di akun Instagram-nya. Wuih, lucu juga nih. Aplikasi apa ya yang digunakan? Bikin penasaran banget dah.

Usut punya usut muke kusut kayak ikan pesut, ternyata dia menggunakan filter di Snapchat untuk membuat video lucu tersebut.  Semenjak itu, saya pun mulai aktif di Snapchat. Sebelumnya ya asal ndaftar aja, ndak isa mainnya. Mayan gaptek lah.

Makin lama makin banyak artis yang membuat video lucu dengan menggunakan filter di Snapchat. Saya pun menambahkan mereka ke dalam friend list saya dan mengikuti aktivitas gokil mereka. Tentu saja saya juga ikut-ikutan membuat snap-snap nggak jelas seperti mereka hahaha.

Ternyata sangat gampang membuat snap lucu di Snapchat. Jika ingin menambah filter pada video/foto di Snapchat, tekan lama di muka kita sampai aplikasi mengenai bentuk muka kita dan tombol filter muncul. Baru kemudian rekam video/foto dengan menggunakan tombol filter yang kamu sukai.

Snapchat Anjing
Muka anjing ini icon Snapchat banget. Mainstream tapi semua orang harus mencoba. Caranya: 1. Klik sembarang di muka, 2. Setelah Snapchat mengenali bentuk muka, kemudian muncul tombol filter untuk merekam snap.

Filter ini sering berganti-ganti. Filter yang muncul hari ini belum tentu tersedia di waktu lainnya. Untuk itu, pastikan membuka Snapchat setiap hari dan mengaktifkan filter untuk melihat filter apa saja yang tersedia di hari tersebut.

4. Sticker-nya bisa ngikutin gerakan

Di Snapchat juga terdapat sticker lucu-lucu. Setelah sticker muncul, tekan beberapa detik sampai filter tersebut bergerak mengikuti gerakan di video. Ini fitur tambahan sih, nggak ada salahnya digunakan untuk lucu-lucuan.

Baca juga  Pengalaman Pindahan Rumah dengan GoBox

Kita juga bisa memberikan tulisan di snap. Geser-geser saja tulisan tersebut agar tidak menutupi muka kita.

5. Supaya orang bisa melihat videomu.

Setelah kamu merekam snap, kamu bisa membagikannya ke orang-orang tertentu yang ada di daftar friend kamu atau membagikannya di ‘My Story’. Snap-snap di ‘My Story’ ini bisa dilihat oleh siapa saja yang menambahkanmu sebagai friend dia. Caranya, klik setting – ‘View my story’ = ‘Everyone’. Seperti yang sudah dibahas di atas, kamu tak perlu khawatir terhadap para stalker. Mereka tidak bisa melihat videomu jika mereka belum menambahkanmu sebagai friend mereka walaupun kamu membagikan ‘My Story’ kamu ke ‘Everyone’.

Jika kamu merasa tidak nyaman snap kamu dilihat oleh orang yang tidak kamu kenal yang menambahkanmu ke dalam daftar friend mereka, kamu bisa mengubah setting ‘My Story’ ke ‘Custom’ atau ‘Friend’ yang kamu add saja. Dengan demikian, tidak semua orang bisa melihat snap-mu.

6. Pastikan sinyal internet bagus

Yang namanya streaming video, tentu saja dibutuhkan internet dengan kecepatan dowload/upload yang cepat. Kebetulan kecepatan internet di rumah saya sekitar 11mbps, sehingga sangat lancar bermain Snapchat.

Saat saya berada di lokasi dengan kecepatan internet 1,5 mbps, semua filter dan snap memerlukan beberapa saat untuk loading. Sehingga agak mengganggu keasyikan bermain Snapchat. Padahal kecepatan 1,5 mbps itu tergolong lumayan lho. Jadi, simpulkan sendiri mengapa Snapchat tidak begitu populer di Indonesia. Lha wong mantan Menkominfo saja bertanya “Internet cepat buat apa?”

7. Nyedot kuota internet

Karena isi timeline Snapchat sebatas video dan foto, tentu saja menguras kuota internet lumayan banyak. Hal ini tidak bisa dihindari, hanya bisa diminimalkan dengan mengaktifkan fitur ‘Travel Mode’ di bagian ‘Setting – Aditional Services’ sehingga pada saat membuka Snapchat tidak secara otomatis menguduh snap orang lain (autodownload).

8. Download snap-mu jika ingin mengkoleksi snap video/fotomu.

Baca juga  5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah

Snap hanya bisa direkam di Snapchat dengan waktu sekitar 10 detik saja. Video ini akan bertahan sebentar sekitar 24 jam dan akan dihapus di server Snapchat setelah 24 jam. Setelah itu lenyap selamanya.

Sebelum kamu merasa kehilangan karena videomu dihapus padahal momen yg kamu ambil itu lucu buanget, unduh aja snap-mu setelah kamu rekam. Caranya adalah dengan klik snap di ‘My Story’ atau di teman yang kamu kirimi video, di bagian paling bawah snap terdapat logo tanda panah ke bawah untuk mengunduh video. Tombol download ini agak transparan jadi agak kurang terlihat.

Juga, jika tidak ingin ketinggalan snap artis idolamu, pastikan setiap hari ngintip Snapchat mereka, karena bakal hilang dihapus dari server dalam 24 jam dan kamu tidak bisa mengunduhnya.

Oh ya, snap di Snapchat direkam secara langsung dengan menggunakan aplikasi Snapchat di handphone. Hal ini berbeda dengan Instagram/Youtube/Twitter/Facebook/etc yang dapat menggunakan rekaman video dari aplikasi/gadget lain. Dengan demikian, pastikan kamu simpan snap kamu sebelum hilang. Siapa tahu momen tersebut begitu spesial di hatimu. Jiah…

9. First thing first

Hal pertama yang saya anjurkan jika kamu memang ingin kecanduan Snapchat adalah dengan mencari akun Snapchat idolamu. Tambahkan mereka ke dalam daftar friend kamu, kemudian ikuti saja snap-snap mereka. Selain dapat melihat mereka saat live perform, kita juga bisa melihat keseharian idola kita di balik layar/panggung? Asyik lho bisa melihat idola kita yang ternyata mempunyai kehidupan yang sama gokilnya dengan kehidupan kita.

10. Snapchat is about fun

Sekali lagi, Snapchat adalah ajang untuk bersenang-senang. Idola/friend kita bersenang-senang membagikan snap-nya ke kita. Kita pun terhibur dengan snap-snap gokil mereka. Snapchat bukanlah wadah yang tepat untuk berlomba banyak-banyakan follower, tidak untuk mencari centang biru verified, tidak untuk mencari jumlah likes, dan bukanlah alat yang menakjubkan untuk pamer. Jika kamu memang mencari simbol-simbol popularitas tersebut, pikirkan dua kali jika ingin bermain Snapchat.

Akun Snapchat akoh neh: puppytraveler

LEAVE A REPLY