11 Peralatan yang Harus Disiapkan Sebelum Memelihara Kucing

0
7102
Perlengkapam peralatan memelihara kucing
Perlengkapam peralatan memelihara kucing

Sebelum membawa kucing ke rumah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Jangan terburu nafsu langsung membawa kucing tanpa membawa beberapa barang berikut ini. Khususnya makanan, karena jika tidak cocok akan merepotkan kamu nantinya. Apa saja peralatan atau perlengkapan yang harus disiapkan sebelum memelihara kucing?

1. Cat Food

Tanyakan kepada breeder, makanan yang dimakan kucing tersebut apa. Karena tak semua kucing cocok dengan semua makanan. Dengan menanyakan terlebih dahulu kepada breeder, kucing yang akan kita adopsi biasanya makan apa. Kita dapat membeli produk makanan yang sama sehingga tak perlu menyesuaikan dan tidak ada masalah pencernaan pada kucing.

Kucing saya sebelumnya makan Royal Canin. Kemudian saya iseng memberinya ProPlan, akhirnya dia mencret berhari-hari. Kemudian badannya sangat lemas. Kasihan. Semenjak saat itu, saya memberi makan dia hanya pakan Royal Canin lagi. Setelah kembali sehat, saya mencampur Royal Canin dengan Proplan. Namun, pup dia masih normal, tidak mencret. Kesimpulannya, jika ingin mengganti makanan kucing, lakukan secara bertahap. Jangan menggantinya langsung, karena bisa menyebabkan mencret.

Merek tertentu mempunyai kekhususan tertentu. Misalnya merek Royal Canin memproduksi makanan khusus untuk Kitten persia, kucing dewasa, dan sebagainya. Jika memelihara kucing dari usia yang sangat kecil, maka diperlukan milk replacer atau susu yang dibuat untuk bayi kucing yang sudah tidak menyusui induknya lagi.

2. Tempat Makan dan Minum

Tempat makan dan minum untuk kucing saya pisahkan. Mengapa? Supaya makanan tidak basah karena air minum dan minuman tidak kotor karena bercampur makanan. Makanan yang tercampur air akan mudah menimbulkan bau tidak sedap. Sedangkan air yang tercampur makanan akan membuatnya kotor dan membawa kuman penyakit.

Tempat makan biasanya saya lapisi dengan piring di bawahnya dan saya beri sedikit air di atas piring tersebut. Mengapa? Semut sangat senang sekali dengan catfood. Seringkali makanan kucing ini di kerubutin semut jika terdapat sisa makanan yang tidak dimakan oleh kucing.

Baca juga  5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah
Tempat Makan Minum Kucing
Tempat Makan Kucing saya lapisi piring dan diberi air agar makanan kucing tidak dikerubutin semut

3. Litter Box, Pasir, Sekop Kecil, dan plastik kecil

Kucing biasanya berak di pasir. Kita dapat membeli pasir ini di petshop dengan harga 60 ribu – 70 ribu. Pasir ini dapat berbentuk seperti butiran kapur berwarna putih, juga bisa berbentuk kristal berwarna-warni. Selain biasanya antibakteri, pasir ini juga menggumpalkan pup kucing dan mengurangi bau tidak sedapnya. Sehingga, ruangan rumah kita tidak bau pup kucing. Karena hanya berfungsi untuk pup, saya memilih yang pasir murah saja. Yang penting antibakteri.

Litter bok adalah wadah untuk tempat pasir. Litter box ini bisa dibeli di petshop, supermarket, toko kelontong, ataupun toko plastik. Tak ada kriteria khusus, yang penting bisa untuk menampung pasir. Pilih saja kotak plastik yang ukurannya tidak terlalu kecil sehingga kucing juga tidak kesusahan kalau mau pup.

Pasir Kucing
Pasir Kucing (litter) dan Litter box

Kucing bisa pup beberapa kali setiap hari. Jika ingin kucing kita tetap sehat dan bersih, maka kita perlu membuang pup ini dari pasir setiap hari. Gunakan sekop kecil untuk mengambil pup dan memasukkannya ke dalam plastik kecil dan membuangnya ke tempat sampah agar pup ini tidak menyebar kemana-mana. Atau bisa juga membuang pup langsung ke lubang toilet.

4. Sisir dan hair dryer

Kucing berbulu panjang sangat membutuhkan sisir, khususnya sisir besi agar rambutnya terurai dan tidak kusut. Sisir besi ini dijual di petshop dengan bentuk mirip duri dan lumayan tajam. Sisir juga berfungsi membersihkan kotoran yang menempel di bulu-bulunya.

Setelah dimandikan, kucing biasanya dikeringkan dengan cara dijemur. Namun, kucing malah bisa lebih kotor lagi karena dia bukannya diam berejmur malah bermain-main di pekarangan. Nah, saya mengakalinya dengan hair dryer untuk mengeringkan bulu kucing. Juga, walaupun tidak mandi setiap hari, saya tetap mengeringkan bulu kucing dengan hair dryer setiap hari agar jamur tak mudah tumbuh di kulit kucing.

Sisir kucing
Sisir kucing bergerigi besi. Bulu kucing saya masih menempel di sisir hehehe

5. Shampoo kucing dan handuk

Kucing juga butuh dimandikan, khususnya jenis kucing berbulu panjang. Apalagi kusing berbulu putih/terang, kotor sedikit saja akan kentara. Untuk membersihkan bulu yang kotor, biasanya saya mencampur shampoo dengan air hangat kemudian membersihkan bulu kucing yang kotor dengan sikat gigi.

Baca juga  5 Kesalahan Fatal dalam Menanam Tanaman Hias

Handuk diperlukan untuk membersihkan bulu kucing yang basah. Mau berbagi handuk dengan kucing? Saya sih ogah hahaha.

6. Lap, sikat gigi, shampoo bayi

Shampoo bayi ini digunakan untuk membersihkan bulu di sekitar mata kucing. Mengapa shampoo bayi? Biasanya shampoo bayi dibuat agar tidak membuat pedas di mata.

Lap digunakan untuk mengeringkan bulu yang basah setelah daerah sekitar mata dibersihkan. Kita bisa menggunakan tisu untuk memebrsihkan mata kucing.

Sikat gigi digunakan untuk menyisir bulu di sekitar mata dan muka, khususnya kucing berbulu panjang. Penggunaan sisir kucing yang tajam untuk membersihkan daerah sekitar mata dan muka malah justru dapat menyakiti kucing. Dengan sikat gigi, kita bisa menjangkau lipatan-liapatan kecil di muka kucing untuk dibersihkan.

7. Kasur Empuk

Saya kurang tahu apakah kucing lain mempunyai sifat yang sama. Kucing saya yang jenis Persia Himalaya ini tidak menyukai kasur empuk yang sudah saya beli untuk dia. Sudah berkali-kali saya paksa dia tidur di kasur, akhirnya dia kembali lagi tidur di lantai. Tetapi, jika saya bawa ke kamar, dia sangat menyukai tidur di kasur saya. Memang jalan pikiran kucing susah dipahami. Itulah mengapa memelihara kucing itu sangat menyenangkan,  kelakuan mereka sangat aneh hahaha.

Kasur kucing
Kasur kucing

8. Kandang

Kandang ini opsional. Kucing saya tidak saya belikan kandang. Dia saya bebaskan berkeliaran saja di rumah. Toh kucing tahu di mana dia akan pup, yaitu di pasir/litter box. Sehingga saya tidak kawatir dia akan pup sembarangan.

Kebetulan kucing saya adalah jenis kucing Himalaya. Kucing saya ini tidak suka memanjat. Ketika saya tinggal kerja, dia hanya tidur-tiduran di lantai saja. Atau main-main dengan mainannya. Karena sudah beberapa minggu dia tidak merusak perabot rumah, akhirnya saya biarkan saja kucing saya berkeliaran tanpa perlu di kandang. Lebih baik dia bahagia daripada stres terkurung di kandang.

Baca juga  Perbandingan KPR

Ketahui dulu sifat-sifat kucing kamu, apakah dia perlu di kandang karena merusak perabot atau tidak. Jika dia tidak merusak perabot, maka lebih baik tidak dikandang.

Fungsi lain dari kandang kucing adalah untuk menjemurnya di luar rumah agar tidak kotor.

9. Mainan kucing

Kucing sangat senang bermain. Mainan ini sangat beragam dan fleksibel, apapun bisa menjadi mainan dia. Bahkan, tali rafia pun bisa menjadi mainan!

Asalkan sesuatu itu bergerak di dekat dia, kucing menganggapnya sebagai mainan. Khususnya sesuatu yang kecil. Pernah ada kecoa di rumah saya, dia kejar, dia gigit sampai lemas. Ketika kecoa itu tidak berdaya, si kucing membiarkannya. Namun ketika si kecoa bergerak lagi, si kucing langsung mengejarnya lagi dan menerkamnya (lihat videonya di sini). Kesimpulannya, sesuatu benda kecil yang bergerak dianggap kucing sebagai mainan hahaha

10. Papan untuk kucing menggaruk (scratching post)

Kucing membutuhkan sebuah papan untuk menggaruk. Hal ini sangat normal untuk mengasah kukunya. Bahkan, entah ini mitos atau benar, jika kucing tidak mengasah kukunya, kuku kucing tersebut akan sangat panjang dan membuatnya meninggal.

Scratching post ini biasanya berbentuk tinggi dan dibungkus dengan material berbahan agak keras. Fungsinya agar bisa digunakan kucing untuk mengasah kukunya. Jika tidak disediakan scratching post, dia akan mencakar-cakar perabot furnitur kamu. Kok bisa? Karena memang secara naluriah dia melakukan ini untuk mengasah kukunya.

11. Pet Carrier

Pet carrier sangat dibutuhkan untuk membawa kucing keluar rumah. Ada yang terbuat dari plastik keras dan dari kain biasa. Keuntungan menggunakan bahan plastik yang keras adalah bisa melindungi kucing dari benturan saat kita bawa. Keuntungan membawa pet carrier dari kain adalah lebih enah dipandang. Tentukan pilihanmu.

alat membawa kucing
Pet carrier untuk membawa kucing yang terbuat dari bahan kain. Lebih modis

So, sudah lengkapkah peralatan atau perlengkapan yang kamu siapkan sebelum memelihara kucing di rumah?

LEAVE A REPLY